8 Aplikasi Downloader Gratis Alternatif Pengganti IDM

8 Aplikasi Downloader Gratis Alternatif Pengganti IDM
8 Aplikasi Downloader Gratis Alternatif Pengganti IDM

Internet Download Manager (IDM) adalah salah satu aplikasi downloader yang sangat populer dan sering digunakan untuk mengunduh berbagai jenis file dari internet. Namun, tidak semua orang bisa atau mau membeli lisensi IDM. Untungnya, ada beberapa aplikasi downloader gratis yang bisa menjadi alternatif pengganti IDM dengan fitur-fitur yang tak kalah menarik. Berikut ini adalah beberapa aplikasi downloader gratis yang dapat dijadikan alternatif IDM:

1. JDownloader

JDownloader adalah aplikasi downloader gratis yang open-source dan mendukung berbagai situs hosting file. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh file secara cepat dan efisien. JDownloader memiliki fitur pengelola unduhan yang canggih, memungkinkan pengguna untuk menjeda, melanjutkan, dan mengatur prioritas unduhan. Selain itu, JDownloader mendukung banyak plugin yang memudahkan proses unduhan dari berbagai situs.

2. Free Download Manager (FDM)

Free Download Manager adalah salah satu aplikasi downloader gratis terbaik yang bisa digunakan sebagai pengganti IDM. FDM menawarkan berbagai fitur menarik seperti kemampuan untuk mengunduh file dari berbagai sumber, pengelolaan bandwidth yang efisien, serta dukungan untuk mengunduh video dari situs streaming. FDM juga memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan.

3. EagleGet

EagleGet adalah aplikasi downloader gratis yang mendukung unduhan dari berbagai jenis situs dan protokol. Aplikasi ini memiliki fitur integrasi dengan browser, yang memudahkan pengguna untuk mengunduh file langsung dari halaman web yang dikunjungi. EagleGet juga menawarkan fitur percepatan unduhan dengan teknologi multi-threading, yang memungkinkan unduhan berlangsung lebih cepat.

4. uGet

uGet adalah aplikasi downloader open-source yang ringan dan memiliki antarmuka pengguna yang sederhana namun fungsional. Aplikasi ini mendukung unduhan dari berbagai sumber, serta memiliki fitur-fitur seperti dukungan untuk unduhan batch, integrasi dengan browser, dan kemampuan untuk menjeda serta melanjutkan unduhan. uGet juga mendukung berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan macOS.

5. Xtreme Download Manager (XDM)

Xtreme Download Manager adalah aplikasi downloader gratis yang menawarkan banyak fitur canggih. XDM mendukung unduhan dari berbagai situs, termasuk situs streaming video. Aplikasi ini juga memiliki fitur percepatan unduhan hingga lima kali lebih cepat dengan menggunakan teknologi segmentasi dinamis. Selain itu, XDM memungkinkan pengguna untuk mengatur jadwal unduhan dan mendukung integrasi dengan browser populer.

6. Internet Download Accelerator (IDA)

Internet Download Accelerator adalah aplikasi downloader yang mampu meningkatkan kecepatan unduhan dengan memecah file menjadi beberapa bagian dan mengunduhnya secara simultan. IDA mendukung berbagai protokol unduhan dan memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan. Fitur lainnya termasuk kemampuan untuk menjeda dan melanjutkan unduhan, serta dukungan untuk mengunduh video dari berbagai situs streaming.

7. Aria2

Aria2 adalah aplikasi downloader open-source yang sangat ringan dan efisien. Aplikasi ini mendukung berbagai protokol unduhan seperti HTTP, HTTPS, FTP, dan BitTorrent. Aria2 dapat dijalankan di berbagai sistem operasi dan dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain melalui API-nya. Meskipun memiliki antarmuka pengguna berbasis baris perintah, Aria2 sangat powerful dan fleksibel dalam mengelola unduhan.

8. Persepolis Download Manager

Persepolis Download Manager adalah GUI untuk Aria2, menawarkan antarmuka pengguna yang lebih ramah bagi pengguna yang kurang nyaman dengan baris perintah. Persepolis mendukung fitur-fitur seperti menjeda dan melanjutkan unduhan, integrasi dengan browser, serta penjadwalan unduhan. Aplikasi ini juga mendukung berbagai sistem operasi dan sangat cocok digunakan sebagai pengganti IDM.

Dengan berbagai pilihan aplikasi downloader gratis yang tersedia, tidak perlu khawatir jika tidak bisa menggunakan IDM. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan unduhan. Semoga artikel ini membantu dalam menemukan alternatif pengganti IDM yang tepat.

Komentar